Kamis, 18 Mei 2017

Tradisi Suku Dawan

Five main traditions of the tribe Dawan :
1.      Weaving tradition
2.      Rites of Fua Pah
3.      Ritual of Noes Nu
4.      Marriage tradition
5.      Plantation tradition
Definition
1.      Weaving tradition.
Weaving works are part of the economic system that support the economic life. Weave usually only done by women that make blanket, gloves, and scarves. Weaving activities are hereditary tradition that became Dawan tribal tradition and the nation's culture.

2.      Rites of Fua Pah
 Rites in confidence system of Dawan society about ( god, spirit, universe, earth, and work ). Fua Pah is the one of ritual in Timor Dawan society againts uis neno or supreme being as the ruler of heaven and earth. For example, this ritual carried out when preparing new farmland or thanksgiving for the harvest.

3.      Ritual of Noes Nu
A ritual that pronouncing thanks to all of people who involved in the death ceremonial. Generally done after four nights burial, afterwards, mourner may back home.

Community structures
A few hundred years ago, the four tribes left their country Sina Mutin Malakkan eastbound. Others continued their journey to the island of Timor and settle and form four small kingdoms, namely Wehali, Sanaleo in mountain Sanaleo, Waiwiku, and Katimu. These kingdoms obey the leader in Wehali. Dawan tribal region headed by a king called Liurai Sonbai. Liurai Sonbai the sister of Maromak Oan, king Wewiku Wehale coming from Sina Mutin Malakkan. In general, Dawan people have a civilization lower, so it can not compete with the newcomers who have a culture that is more advanced.
In the social structure, area of Dawan comunities are classified into usif class, Anaf class, and Tob class. Usif class is nobility, chief's kinsman, and leader of great clan (=kanaf). Anaf class is a group of people consist of a small clan.Surename of kanof ma bonif flush with Anaf is Meo class and o'of. Meo class are people who have struggled to maintain clan and hometown. O'of is a family leader that usif class often take women to be their wife. Tob class is common people which consist small clans under Anaf's control.
 

The impact of celebrations and Biblical principles
Celebrations of Dawan tribe is Fua Pah and Noes Nu. The impact from that celebrations are Dawan people be more believe there is spirits which became connector among human with god/uis neno. According to Biblical principles, Leviticus 19 : 31, believe in spirit is not allowed by God. Because spirit itself not a connector to God for us believers, but the statement about spirit itself is devil. Because the devil can disguise as an angel of light.

Analysis of secondary sources

1. Tradisi menenun.
    Karya tenun merupakan bagian dari pranata ekonomi yang sangat menunjang kehidupan ekonomi. Menenun biasanya hanya dilakukan oleh para wanita dan hasil tenunnya berupa selimut, sarung, dan selendang. Kegiatan menenun merupakan tradisi karena sudah dari dulu hingga sekarang menenun menjadi tradisi suku dawan dan menjadi budaya bangsa.

2. Ritus Fua Pah.
    Salah satu ritus dalam sistem kepercayaan masyarakat Dawan mengenai ( Tuhan, Roh, alam semesta, bumi, dan kerja). Fua pah merupakan salah satu upacara ritual masyarakat Timor Dawan terhadap uis neno atau wujud tertinggi yang sebagai penguasa langit dan bumi. Sebagai contoh, upacara ini dilaksanakan pada saat mempersiapkan lahan pertanian yang baru maupun syukur atas hasil panen.

3. Upacara Noes Nu.
    Sejenis upacara pengucapan terima masih kepada seluruh warga yang terlibat dalam acara kematian. Biasanya dilakukan sesudah 4 malam penguburan, setelah itu, pelayat boleh kembali ke rumah asal.

Beberapa ratus tahun yang lalu, empat suku meninggalkan negerinya Sina Mutin Malakkan menuju ke timur. Sebagian lainnya meneruskan perjalanannya ke Pulau Timor dan menetap serta membentuk empat kerajaan kecil, yaitu Wehali, Sanaleo di gunung Sanaleo, Waiwiku, dan Katimu. Kerajaan-kerajaan ini taat kepada pemimpinnya di Wehali. wilayah suku Dawan dipimpin oleh seorang raja yang disebut Liurai Sonbai. Liurai Sonbai merupakan adik dari Maromak Oan, raja Wewiku Wehale yang berasal dari Sina Mutin Malakkan. Pada umumnya orang-orang Dawan mempunyai peradaban yang lebih rendah sehingga tidak bisa menyaingi para pendatang yang memiliki kebudayaan yang sudah lebih maju.
Dalam struktur social atau pelapisan sosialnya, masyarakat wilayah dawan digolongan menjadi golongan Usif, golongan Anaf, dan  golongan Tob. Golongan Usif  merupakan  kaum  bangsawan, kerabat kepala  suku, dan pimpinan klen besar  (=Kanaf). Golongan Anaf  adalah sekelompok  masyarakat yang  terdiri  dari  klen  kecil. Julukan  Kanaf  ma  bonif  yang sejajar dengan Anaf  adalah  golongan  Meo dan  O’of. Golongan  Meo  merupakan kaum  kerabat dan yang pernah berjuang  mempertahankan  marga dan  kampung  halaman. O’of  adalah pemimpin  keluarga  dimana  golongan Usif  sering  mengambil  wanita  dari padanya  untuk  dijadikan  istri  atau selir. Golongan  Tob adalah rakyat jelata  yang  terdiri  dari  klen-klen  kecil dibawah  koordinasi  Anaf.


Perayaan-perayaan pada suku dawan adalah Fua pah dan Noes nu. Dampak dari perayaan tersebut yaitu masyarakat suku dawan semakin percaya adanya arwah2 yang menjadi penghubung antara manusia dengan Tuhan/uis neno. Menurut prinsip Alkitab, Imamat 19 : 31 kepercayaan akan arwah itu tidak diperkenankan Tuhan. Sebab arwah itu sndiri bukanlah penghubung kepada Tuhan bagi kita orang percaya melainkan pernyataan mengenai arwah itu sndiri adalah roh jahat..sebab iblis dapat menyamar sebagai malaikat terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tradisi Suku Dawan

Five main traditions of the tribe Dawan : 1.       Weaving tradition 2.       Rites of Fua Pah 3.       Ritual of Noes Nu 4.       ...